Photographer

Beasiswa Workshop Penulisan Kritik Seni Rupa dan Budaya Visual ruangrupa 2013

Added on by Ridzki.

dibuka-portrait

Fotografi selain dianggap sebagai sebuah karya jurnalistik dan dokumentasi juga dianggap sebagai sebuah karya seni oleh para pelakunya. Melihat kembali perayaan Waisak di Borobudur kemarin telah sekali lagi menyadarkan saya bahwa medium ini, tidak atau sangat kurang sekali memiliki para kritikus yang kompeten di bidangnya, padahal hampir seluruh lapisan masyarakat adalah fotografer pada zaman sekarang ini.

Kebanyakan para fotografer yang terkadang -sama seperti mediumnya- terlalu demokratis dapat dengan mudahnya menilai dan mengkritisi karya-karya mereka dan karya-karya yang lain dengan cara-cara yang superfisial seperti menyatakan bahwa yang tajam itu indah dan yang kabur itu buruk. Maka dari itu saya memohon kepada segenap teman-teman saya yang memang sudah saya ketahui memiliki kemampuan dan pengetahuan akan fotografi untuk mencoba mendaftarkan diri untuk mencoba mendapatkan tempat dalam workshop yang diadakan oleh ruangrupa ini.

Bagi mereka yang tertarik mendaftarkan diri dan merasa ingin menjadi kritikus foto saya coba tawarkan sebuah beasiswa untuk satu orang, jika anda terpilih maka biaya workshop akan saya bayarkan lunas tetapi dengan syarat selama 1 tahun ke depan setelah workshop ini anda harus membuat sebuah tulisan-tulisan yang memunculkan ide-ide baru atau tulisan-tulisan kuratorial untuk pameran atau bergerak memajukan fotografi Indonesia, semua ini diharapkan dilakukan dalam ranah publik dan dapat dipertanggungjawabkan.

Kepada yang tertarik diharapkan menghubungi saya di alamat email a.ridzki[at]gmail[dot]com, kepada yang lain saya harapkan dapat menyebarkan perihal ini ke khalayak umum atau orang-orang yang menurut anda mampu dan mau belajar menjadi kritikus foto.

 

Terima Kasih.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------

Ruangrupa kembali membuka pendaftaran untuk mengikuti Workshop Penulisan Kritik Seni Rupa dan Budaya Visual, setelah sebelumnya diadakan sejak 2008. Workshop ini ditujukan kepada penulis muda yang memiliki minat terhadap penulisan kritik seni rupa dan budaya visual secara umum. Peserta workshop akan diseleksi berdasarkan tulisan-tulisan awal yang dikirimkan serta proposal proyek penulisan kritik seni rupa dan budaya visual yang akan dilaksanakan setelah selesai mengikuti workshop ini, beserta syarat pendaftaran lainnya. Hasil akhir dari workshop ini berupa pengelolaan situs jarakpandang.net oleh para peserta workshop, sebagai situs berisikan tulisan-tulisan kritik seni rupa dan budaya visual. Para peserta akan dilibatkan dalam proyek penulisan kritik seni rupa dan budaya visual di jarakpandang.net secara berkala. Selain itu, tulisan-tulisan tersebut akan dimasukan ke dalam proyek buku jarakpandang.net yang berisi tulisan-tulisan kritik seni rupa dan budaya visual dari para penulis muda, yang dihasilkan dari workshop penulisan ini sejak pertama kali diselenggarakan.

Workshop ini akan dilaksanakan di ruangrupa, Jakarta, 17-28 Juni 2013.

Persyaratan pendaftaran:

  1. Usia peserta antara 19 – 30 tahun
  2. Mengisi formulir pendaftaran online di bawah ini.
  3. Mengirimkan 1 buah proyek penulisan dalam bentuk proposal (lihat formulir pendaftaran)
  4. Pendaftar yang terpilih membayar biaya workshop sebesar Rp. 500.000,-
  5. Biaya perjalanan peserta (travel/kereta/pesawat) dari luar Jakarta, ditanggung oleh masing-masing peserta.

Catatan:

  • Pengisian formulir pendaftaran online selambat-lambatnya pada tanggal 9 Juni 2013.
  • Peserta terpilih akan diumumkan pada tanggal 13 Juni 2013, melalui website ruangrupa dan jarakpandang.

Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi ruangrupa di:

Telepon : (021) 830 4220 Situs : ruangrupa.org | jarakpandang.net E-mail: jarak_pandang@yahoo.com Facebook : Jarak Pandang Twitter : @jarakpandang

Tautan terkait: http://jarakpandang.net/blog/dibuka-pendaftaran-workshop-penulisan-kritik-seni-rupa-dan-budaya-visual-ruangrupa-2013/